Selasa, 15 Maret 2011

Macam-macam Nebula Di Galaxi Kita

Mungkin diantara kita pernah mendengar tentang nebula. Nebula berasal dari kata latin yang artinya awan, dibilang awan karena Nebula terlihat seperti awan antar-bintang (interstellar cloud) yang terdiri dari debu dan gas, yang terdapat di Galaxi. Nebula adalah kerangka debu dan gas yang dilepaskan bintang saat ia akan mengakhiri hidupnya sehingga tampak di sekitar bintang yang ukurannya sebanding atau lebih kecil dari Matahari.

Sedangkan Galaxi adalah suatu sistem yang terdiri dari kumpulan bintang-bintang, gas dan debu yang amat luas (Nebula), dan materi gelap, dimana semua benda yang berada di dalam Galaxi tersebut terikat (dipengaruhi) oleh gravitasi.

Di alam raya terdapat sejumlah Nebula yang telah berhasil ditemukan oleh para Astronom. Jumlah besaran awan dan bentuk dari Nebula memberikan nama-nama yang unik bagi sebagian Nebula, yang paling terkenal adalah Cat Eye Nebula atauNebula Mata Kucing (NGC 6543) sebuah nebula yang terletak di area rasi bintang Draco. Struktur dari nebula ini merupakan yang paling kompleks yang pernah diketahui. Nebula ini ditemukan oleh William Herschel pada tanggal 15 Februari 1786.

Demikian juga dengan Helix Nebula atau Eyes Of God Nebula. Para ilmuwan menyebut gambar bintang yang berhasil ditangkap oleh sebuah teleskop raksasa di pegunungan Chili ini Mata Tuhan. Mata Tuhan atau dikenal juga dengan sebutan Helix Nebula memandang bumi jauh dari ruang angkasa atau mencapai sekitar 700 tahun cahaya.

Helix Nebula terletak pada konstelasi Aquarius dan dapat diamati oleh astronom amatir menggunakan teleskop biasa walaupun tampak redup gambarnya. Menempati sebuah wilayah di langit dengan ukurannya yang mencapai separuh dari bulan purnama, Helix Nebula berukuran sangat besar sehingga dibutuhkan pantulan cahaya dua setengah tahun untuk mengitarinya.

Selain kedua Nebula tersebut, ada beberapa nebula lain yang telah diketemukan dan gambar-gambarnya :

1. Cat’s Eye Nebula (Nebula Mata Kucing).



2. Horse Head Nebula (Nebula Kepala Kuda).

3. Crab Nebula (Nebula Kepiting).

4. Ant Nebula (Nebula Semut).


5. Eagle Nebula (Nebula Elang).


6. Tarantula Nebula (Nebula Kalajengking).

7. Orion Nebula (Nebula Orion).

8. Eskimo Nebula (Nebula Eskimo).

9. Rosette Nebula (Nebula Bunga Mawar).

10. Red Square Nebula (Nebula Empat Persegi Merah).

11. Ring Nebula (Nebula Cincin) se-tipe dengan Eyes Of God Nebula.

12. Barnard’s Loop Nebula.

13. Boomerang Nebula (Butterfly Galaxy).

14. Hourglass Nebula.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar